tugas kkpi

NAMA           : ANDRIAS WIDYARTONO

KELAS          : 4K1

NIS                 : 5929

  1. 1. Komoditas Perusahaan TEMPAT PRAKTEK INDUSTRI

Flavor merupakan salah satu ingredient terpenting dalam produk pangan. Walau tidak digunakan dalam jumlah besar, tetapi keberadaannya dapat membuat perbedaan yang signifikan antara produk yang satu dengan yang lainnya.

Industri flavor dari tahun ketahun mengalami perkembangan baik dari segi penjualan ataupun jumlah variasi produk yang ditawarkan. Setiap tahun diproyeksikan juga akan terjadi peningkatan seiring dengan tumbuhnya pasar pangan di Indonesia. Hal ini ditandai dengan hadirnya perusahaan-perusahaan baru di Industri ini, baik lokal maupun asing.

Beberapa faktor pemicu perkembangan industri flavor saat ini khususnya di Indonesia adalah peningkatan kebutuhan konsumsi pangan, populasi penduduk Indonesia yang semakin tahun semakin bertambah dan meningkatnya angkatan kerja wanita (women worker), sehingga kebutuhan pangan setiap konsumsi (RTE) juga mengalami peningkatan yang pesat.

PT. SUMBER FOOD INGREDIENT didirikan pada bulan januari 2010 dengan pemenuhan kebutuhan dasar industri, industri minuman dan industri kosmetik sehingga membuat PT. SUMBER FOOD INGREDIENT hadir sebagai salah satu penyedia dan pemasok rasa (Flavors, Fragrances and Savory) untuk kebutuhan industri.

Banyaknya perusahaan atau industri yang memproduksi minuman, makanan dan kosmetik saat ini membuat PT. SUMBER FOOD INGREDIENT sadar dan ingin memberikan kepuasan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan industri akan rasa dan aroma yang aman bagi konsumen.

Dalam kerjasama dengan perusahaan-perusahaan internasional, PT. SUMBER FOOD INGREDIENT hadir sebagai agen tunggal Meiyi di Indonesia yang telah lulus uji otentifikasi ISO 9001-2000 OLEH TUV GERMANY. Sehingga  PT. SUMBER FOOD INGREDIENT merupakan pilihan yang aman dan tepat bagi konsumen.

  1. produk hasil olah TEMPAT PRAKTEK INDUSTRI
  1. 1. Jenis-jenis flavor
  2. Almond, Apple Sweet, Aloe, Apricot, American Ice Cream Soda, Apricot Emulsion, Apple, Apple Emulsion, Apple Green, Apple Juice.
  3. Banana, Blueberry, Butter, Milk, Barley Roasted, Bread Roasted, Bean Green, Brown Sugar, Bean Red, Bubblegum, Bean Red Paste, Bulk, Wheat Black Tea, Butter, Blackcurrant, Butter Emulsion.
  4. CakeCheese, Coconut Milk, Condensed Milk, Creamy Vanila, Cantaloup, Cheese Cedar, Coconut Pineapple, Condensed Milk Emulsion, Cucumber, Caramel, Chenpi, Coconut Toasted, Cranberry, Carrot, Chestnut, Coffee, Cream, Cashew, Chinese,  Herbal, Coffee, Bitter Cream Emulsion, Cassia, Chocolate, Cola, Cream Plum Cheery, Coconut, Cola Emulsion, and Creamy Vanilla.
  5. Data Reed, Durian.
  6. Egg, Egg Milk, Egg Yolk, Eucalyptust Oil.
  7. Fresh Egg Yolk, Fresh Lychee, Fried Chestnut
  8. Ginger Juice, Green Bean Paste, Ginseng, Green Mango, Grape, Green Tea, Grape American, Guava, Green Apple, Green Arrow, Green Bean.
  9. Haw, Hazlenut, Honey, Honey Herbal.
  10. Ica Black Tea, Ice Cold, Ice Lemon.
  11. Jasmine, Jasmine Tea.
  12. Kiwi.
  13. Lemon, Lychee, Lemon Black Tea, Lemon Lime, Lemon Oil, Linctus, Longan, Longan Oil.
  14. Malt, Melon, Mixed Fruit, Mandarin, Milk, Mix Fruit + Strawberry, Mandarin Emulsion, Milk Egg, Mango, Milk Emulsion, Mango Juice, Milk Fresh, Mangosteen, Mix Fruit + Orange, Margarine Oil, Mixed Berry.
  15. New Zealand Milk Emulsion, New Zealand Milk Emulsion.
  16. Oatmeal, Oolong Tea, Orange, Orange Emulsion, Orange Honey, Orange Honey Emulsion, Osmanthus.
  17. Papaya, Peppermint, Prune, Passion Fruit, Pineapple, Peach, Pineapple Emulsion, Peach Emulsion, Plum, Peanut, Plum Green, Peanut Roasted, Popcorn, Pear Poprice.
  18. Rambutan, Roasted, Sweet Potato, Red Bean, Rose, Red Date, Red Grape, Renseng, Roas Coconut, Roast Potato.
  19. Sesame, Sticky Rice, Shallot Oil, Strawberry, Sour Date, Strawberry Emulsion, Soya Bean Milk, Sugar Cane, Soya Milk, Sweet Corn, Spearmint, Sweet Potato Roasted, Starfruit.
  20. Toffee Milk, Tomato, Tiramisu
  21. Ube Yam.
  22. Vanilla.
  23. Walnut, White Toasted, Watermelon, Wax Berry, Wax Groud, Wheat Milk, White Rabbit, White Tea, White Rabbit, White Tea.
  24. Yoghurt, Yoghurt Pineapple, Yoghurt Strawberry ,Young Cam

 

  1. 2. FRAGRANCE
  1. Ariel, Aloe Fra, Apple Fra, Apple Fra, Angel Fra, Aloe Fra, Aloes & Green Tea Fra
  2. Blue Air Fra, Body Powder Fra, Body Powder Fra
  3. Carrot, Casablanca, Citronella Fra, Charming Fra
  4. Dior Qagq Fra, Dolce & Gabbana Fra
  5. Energy Lemon, Egan Chrysanthemum Fra, Eagle Fra
  6. Floral, Flower For Ariel, Flower For Ariel Natural, Fresh Jasmine, Freshe, Fruit & Flower Mixed, Fresh Blossoms
  7. Garden Floral, Grape Fruit Fra, Green Apple Fra, Green Floral, Green Tea Fra, GREEN TEA FRA
  8. International Fra
  9. Jasmine Fra, Jiuchongxiao Fra
  10. Kiwi Fruit Fra
  11. Labsa, Lavender Fra, Lemon Fra, Liby Fra, Loran Fra
  12. Miracle, Mixed Flower Fra, Mixed Flower Fra, Musk Rose, Miss Coco Fra, MIKE FRA, Mile & Bee Fra
  13. OMO, Orange Fra, Orange Lemon, Osmanthus Fra
  14. Pawpaw Fra, Pawpaw & Orange, Perfume Fra
  15. Qiang Flower Fra
  16. Rose Fra, Rose & Lavender Fra
  17. Safeguard Fra, Sandalwood Fra, Softener
  18. Tide (lily)
  19. Washing Powder Fra]

 

 

  1. 3. SAVORY

  1. Barbecued Powder Flavour, Barbecued Powder Flavour, Beef Flavor Paste, Beef Flavouring, Beef Flavouring, Beef Flavouring, Beef Liquid Flavour, Beef Powder Flavour, Beef Pure Powder Flavour, Black Pepper Beef Steak Powder, Brazil Roast Meat Powder Flav
  2. Cheese Powder Flav, Cheese Powder Flav, Cheese Seasoning, Cheese Powder, Chicken Flavor Paste, Chicken Liquid Flav, Chicken Powder Flavour

 

  1. 3. Penanganan Quality Control Perusahaan tempat praktek industri

Pengujian organoleptik mempunyai macam-macam cara. Cara-cara pengujian itu dapat digolongkan dalam beberapa kelompok. Cara pengujian yang paling populer adalah kelompok pengujian pembedaan (defference tests) dan kelompok pengujian pemilihan (preference tests). Di samping kedua kelompok pengujian itu, dikenal juga pengujian skalar dan pengujian deskripsi. Jika kedua pengujian pertama banyak digunakan dalam penelitian, analisis proses, dan penilaian hasil akhir, maka dua kelompok pengujian terakhir ini banyak digunakan dalam pengawasan mutu (quality control). Diluar 4 kelompok pengujian itu masih ada uji-uji sensorik lain, termasuk di sini adalah uji konsumen. Namun, pengujian yang sering dilakukan dalam penanganan QC flavour adalah Uji Segitiga (Tri Angle Test).
Macam-macam uji pembedaan
1. Uji pasangan

Dalam pengujian dengan uji pasangan, dua contoh disajikan bersamaan atau berurutan dengan nomor kode berlainan. Masing-masing anggota panel diminta menyatakan ada atau tidak ada perbedaan dalam hal sifat yang diujikan. Ada dua cara uji pasangan yaitu dengan dan tanpa dengan bahan pembanding (reference).

2. Uji segitiga (triangle test)

Uji segitiga digunakan untuk mendeteksi perbedaan yang kecil. Pengujian ini lebih banyak digunakan karena lebih peka daripada uji pasangan. Panelis diminta memilih satu di antara 3 contoh yang berbeda dan 2 yang lain. Dalam uji ini tidak ada contoh baku atau pembanding. Dalam memberi penilaian tidak boleh ragu-ragu, harus memilih atau menerka salah satu yang dianggap paling berbeda. Demikian pula jika panelis tidak dapat membedakan ketiga contoh tersebut.

3. Uji duo-trio

Dalam pelaksanaan uji, panelis diminta untuk memilih satu di antara
2 contoh terakhir yang sama dengan contoh baku atau pembanding.

4. Uji pembanding ganda (dual standards)

Dalam pengujian ini panelis diminta menyebut yang mana dan kedua contoh yang diujikan sama dengan pembanding A dan yang mana yang sama dengan pembanding B

5. Uji pembanding jamak (muitple standards)

Dalam uji pembanding janiak digunakan 3 atau Iebih contoh pembanding.

 

  1. Sistem Pemasaran Produk atau Jasa Perusahaan Tempat Praktek Industri

Dalam melakukan penawaran suatu produk, Sales atau marketing merancang strategi produk melalui apa yang kita kenal dengan segmentasi, targeting dan positioning (STP). STP itu lalu diwujudkan dalam marketing mix yang terdiri dari product, price, place and promotion (4P).

Perubahan dari empat P bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu terdiri Product, Price, Place, Promotion yang mewakili pandangan dari sisi perusahaan, menjadi empat C yang memandang dari sisi pelanggan.

Empat C adalah :

  1. Customer need and wants (kebutuhan dan keinginan pelanggan) atau lebih tepatnya Customer Solution (penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan)

Bukan cuma produknya, tetapi hasil yang dicapai oleh produk tersebut, produk hanya sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah.

  1. Cost of Fulfillment (Biaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan / menyelesaikan masalah tersebut)

Bukan cuma harga tetapi semua biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan.

 

  1. Convenience ( kenyamanan dan kemudahan memperolehnya)

Merupakan segala upaya bagi pelanggan dalam memperolehnya dengan mudah dan nyaman.

  1. Communication (Komunikasi antara pelanggan dan organisasi)

Merubah konsep dari promosi satu arah, menjadi komunikasi dua arah antara konsumen dengan organisasi.

 

 

 

NAMA           : ANDRIAS WIDYARTONO

KELAS          : 4K1

NIS                 : 5929

  1. 1. Komoditas Perusahaan TEMPAT PRAKTEK INDUSTRI

Flavor merupakan salah satu ingredient terpenting dalam produk pangan. Walau tidak digunakan dalam jumlah besar, tetapi keberadaannya dapat membuat perbedaan yang signifikan antara produk yang satu dengan yang lainnya.

Industri flavor dari tahun ketahun mengalami perkembangan baik dari segi penjualan ataupun jumlah variasi produk yang ditawarkan. Setiap tahun diproyeksikan juga akan terjadi peningkatan seiring dengan tumbuhnya pasar pangan di Indonesia. Hal ini ditandai dengan hadirnya perusahaan-perusahaan baru di Industri ini, baik lokal maupun asing.

Beberapa faktor pemicu perkembangan industri flavor saat ini khususnya di Indonesia adalah peningkatan kebutuhan konsumsi pangan, populasi penduduk Indonesia yang semakin tahun semakin bertambah dan meningkatnya angkatan kerja wanita (women worker), sehingga kebutuhan pangan setiap konsumsi (RTE) juga mengalami peningkatan yang pesat.

PT. SUMBER FOOD INGREDIENT didirikan pada bulan januari 2010 dengan pemenuhan kebutuhan dasar industri, industri minuman dan industri kosmetik sehingga membuat PT. SUMBER FOOD INGREDIENT hadir sebagai salah satu penyedia dan pemasok rasa (Flavors, Fragrances and Savory) untuk kebutuhan industri.

Banyaknya perusahaan atau industri yang memproduksi minuman, makanan dan kosmetik saat ini membuat PT. SUMBER FOOD INGREDIENT sadar dan ingin memberikan kepuasan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan industri akan rasa dan aroma yang aman bagi konsumen.

Dalam kerjasama dengan perusahaan-perusahaan internasional, PT. SUMBER FOOD INGREDIENT hadir sebagai agen tunggal Meiyi di Indonesia yang telah lulus uji otentifikasi ISO 9001-2000 OLEH TUV GERMANY. Sehingga  PT. SUMBER FOOD INGREDIENT merupakan pilihan yang aman dan tepat bagi konsumen.

  1. produk hasil olah TEMPAT PRAKTEK INDUSTRI
  1. 1. Jenis-jenis flavor
  2. Almond, Apple Sweet, Aloe, Apricot, American Ice Cream Soda, Apricot Emulsion, Apple, Apple Emulsion, Apple Green, Apple Juice.
  3. Banana, Blueberry, Butter, Milk, Barley Roasted, Bread Roasted, Bean Green, Brown Sugar, Bean Red, Bubblegum, Bean Red Paste, Bulk, Wheat Black Tea, Butter, Blackcurrant, Butter Emulsion.
  4. CakeCheese, Coconut Milk, Condensed Milk, Creamy Vanila, Cantaloup, Cheese Cedar, Coconut Pineapple, Condensed Milk Emulsion, Cucumber, Caramel, Chenpi, Coconut Toasted, Cranberry, Carrot, Chestnut, Coffee, Cream, Cashew, Chinese,  Herbal, Coffee, Bitter Cream Emulsion, Cassia, Chocolate, Cola, Cream Plum Cheery, Coconut, Cola Emulsion, and Creamy Vanilla.
  5. Data Reed, Durian.
  6. Egg, Egg Milk, Egg Yolk, Eucalyptust Oil.
  7. Fresh Egg Yolk, Fresh Lychee, Fried Chestnut
  8. Ginger Juice, Green Bean Paste, Ginseng, Green Mango, Grape, Green Tea, Grape American, Guava, Green Apple, Green Arrow, Green Bean.
  9. Haw, Hazlenut, Honey, Honey Herbal.
  10. Ica Black Tea, Ice Cold, Ice Lemon.
  11. Jasmine, Jasmine Tea.
  12. Kiwi.
  13. Lemon, Lychee, Lemon Black Tea, Lemon Lime, Lemon Oil, Linctus, Longan, Longan Oil.
  14. Malt, Melon, Mixed Fruit, Mandarin, Milk, Mix Fruit + Strawberry, Mandarin Emulsion, Milk Egg, Mango, Milk Emulsion, Mango Juice, Milk Fresh, Mangosteen, Mix Fruit + Orange, Margarine Oil, Mixed Berry.
  15. New Zealand Milk Emulsion, New Zealand Milk Emulsion.
  16. Oatmeal, Oolong Tea, Orange, Orange Emulsion, Orange Honey, Orange Honey Emulsion, Osmanthus.
  17. Papaya, Peppermint, Prune, Passion Fruit, Pineapple, Peach, Pineapple Emulsion, Peach Emulsion, Plum, Peanut, Plum Green, Peanut Roasted, Popcorn, Pear Poprice.
  18. Rambutan, Roasted, Sweet Potato, Red Bean, Rose, Red Date, Red Grape, Renseng, Roas Coconut, Roast Potato.
  19. Sesame, Sticky Rice, Shallot Oil, Strawberry, Sour Date, Strawberry Emulsion, Soya Bean Milk, Sugar Cane, Soya Milk, Sweet Corn, Spearmint, Sweet Potato Roasted, Starfruit.
  20. Toffee Milk, Tomato, Tiramisu
  21. Ube Yam.
  22. Vanilla.
  23. Walnut, White Toasted, Watermelon, Wax Berry, Wax Groud, Wheat Milk, White Rabbit, White Tea, White Rabbit, White Tea.
  24. Yoghurt, Yoghurt Pineapple, Yoghurt Strawberry ,Young Cam

 

  1. 2. FRAGRANCE
  1. Ariel, Aloe Fra, Apple Fra, Apple Fra, Angel Fra, Aloe Fra, Aloes & Green Tea Fra
  2. Blue Air Fra, Body Powder Fra, Body Powder Fra
  3. Carrot, Casablanca, Citronella Fra, Charming Fra
  4. Dior Qagq Fra, Dolce & Gabbana Fra
  5. Energy Lemon, Egan Chrysanthemum Fra, Eagle Fra
  6. Floral, Flower For Ariel, Flower For Ariel Natural, Fresh Jasmine, Freshe, Fruit & Flower Mixed, Fresh Blossoms
  7. Garden Floral, Grape Fruit Fra, Green Apple Fra, Green Floral, Green Tea Fra, GREEN TEA FRA
  8. International Fra
  9. Jasmine Fra, Jiuchongxiao Fra
  10. Kiwi Fruit Fra
  11. Labsa, Lavender Fra, Lemon Fra, Liby Fra, Loran Fra
  12. Miracle, Mixed Flower Fra, Mixed Flower Fra, Musk Rose, Miss Coco Fra, MIKE FRA, Mile & Bee Fra
  13. OMO, Orange Fra, Orange Lemon, Osmanthus Fra
  14. Pawpaw Fra, Pawpaw & Orange, Perfume Fra
  15. Qiang Flower Fra
  16. Rose Fra, Rose & Lavender Fra
  17. Safeguard Fra, Sandalwood Fra, Softener
  18. Tide (lily)
  19. Washing Powder Fra]

 

 

  1. 3. SAVORY

  1. Barbecued Powder Flavour, Barbecued Powder Flavour, Beef Flavor Paste, Beef Flavouring, Beef Flavouring, Beef Flavouring, Beef Liquid Flavour, Beef Powder Flavour, Beef Pure Powder Flavour, Black Pepper Beef Steak Powder, Brazil Roast Meat Powder Flav
  2. Cheese Powder Flav, Cheese Powder Flav, Cheese Seasoning, Cheese Powder, Chicken Flavor Paste, Chicken Liquid Flav, Chicken Powder Flavour

 

  1. 3. Penanganan Quality Control Perusahaan tempat praktek industri

Pengujian organoleptik mempunyai macam-macam cara. Cara-cara pengujian itu dapat digolongkan dalam beberapa kelompok. Cara pengujian yang paling populer adalah kelompok pengujian pembedaan (defference tests) dan kelompok pengujian pemilihan (preference tests). Di samping kedua kelompok pengujian itu, dikenal juga pengujian skalar dan pengujian deskripsi. Jika kedua pengujian pertama banyak digunakan dalam penelitian, analisis proses, dan penilaian hasil akhir, maka dua kelompok pengujian terakhir ini banyak digunakan dalam pengawasan mutu (quality control). Diluar 4 kelompok pengujian itu masih ada uji-uji sensorik lain, termasuk di sini adalah uji konsumen. Namun, pengujian yang sering dilakukan dalam penanganan QC flavour adalah Uji Segitiga (Tri Angle Test).
Macam-macam uji pembedaan
1. Uji pasangan

Dalam pengujian dengan uji pasangan, dua contoh disajikan bersamaan atau berurutan dengan nomor kode berlainan. Masing-masing anggota panel diminta menyatakan ada atau tidak ada perbedaan dalam hal sifat yang diujikan. Ada dua cara uji pasangan yaitu dengan dan tanpa dengan bahan pembanding (reference).

2. Uji segitiga (triangle test)

Uji segitiga digunakan untuk mendeteksi perbedaan yang kecil. Pengujian ini lebih banyak digunakan karena lebih peka daripada uji pasangan. Panelis diminta memilih satu di antara 3 contoh yang berbeda dan 2 yang lain. Dalam uji ini tidak ada contoh baku atau pembanding. Dalam memberi penilaian tidak boleh ragu-ragu, harus memilih atau menerka salah satu yang dianggap paling berbeda. Demikian pula jika panelis tidak dapat membedakan ketiga contoh tersebut.

3. Uji duo-trio

Dalam pelaksanaan uji, panelis diminta untuk memilih satu di antara
2 contoh terakhir yang sama dengan contoh baku atau pembanding.

4. Uji pembanding ganda (dual standards)

Dalam pengujian ini panelis diminta menyebut yang mana dan kedua contoh yang diujikan sama dengan pembanding A dan yang mana yang sama dengan pembanding B

5. Uji pembanding jamak (muitple standards)

Dalam uji pembanding janiak digunakan 3 atau Iebih contoh pembanding.

 

  1. Sistem Pemasaran Produk atau Jasa Perusahaan Tempat Praktek Industri

Dalam melakukan penawaran suatu produk, Sales atau marketing merancang strategi produk melalui apa yang kita kenal dengan segmentasi, targeting dan positioning (STP). STP itu lalu diwujudkan dalam marketing mix yang terdiri dari product, price, place and promotion (4P).

Perubahan dari empat P bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu terdiri Product, Price, Place, Promotion yang mewakili pandangan dari sisi perusahaan, menjadi empat C yang memandang dari sisi pelanggan.

Empat C adalah :

  1. Customer need and wants (kebutuhan dan keinginan pelanggan) atau lebih tepatnya Customer Solution (penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan)

Bukan cuma produknya, tetapi hasil yang dicapai oleh produk tersebut, produk hanya sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah.

2.Cost of Fulfillment (Biaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan / menyelesaikan masalah tersebut)

Bukan cuma harga tetapi semua biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan.

3.Convenience ( kenyamanan dan kemudahan memperolehnya)

Merupakan segala upaya bagi pelanggan dalam memperolehnya dengan mudah dan nyaman.

4.Communication (Komunikasi antara pelanggan dan organisasi)

Merubah konsep dari promosi satu arah, menjadi komunikasi dua arah antara konsumen dengan organisasi.

 

 

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s